Sebelumnya, apa sih yang dimaksud dengan belajar? Hampir setiap hari kita belajar, tapi tidak mengetahui apa definisi dari belajar. Belajar merupakan suatu bentuk proses dalam diri seseorang yang dinyatakan dengan cara atau pola tingkah laku sebagai usaha untuk memperoleh kemampuan baru. Sebagai seorang siswa dan pelajar kita semua mempunyai tugas utama yaitu belajar. Proses belajar yang baik akan dapat menghasilkan prestasi yang baik. Oleh karena itu, kita perlu memikirkan kebiasaan dan cara belajar yang baik agar dapat memperoleh hasil sesuai dengan keinginan kita. Salah satunya yaitu cara kita untuk mengikuti pelajaran di sekolah.
Saat mengikuti pelajaran, kadangkala kita merasa ngantuk dan tidak bersemangat, sehingga kita sulit mengikuti pelajaran tersebut. Perasaan ngantuk dan tidak bersemangat tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya : kita tidak menyukai guru tersebut, kita tidak menyukai pelajaran yang akan diajarkan, terlalu menganggap enteng dan mudah pelajaran yang akan diajarkan. Berikut ini beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum mengikuti pelajaran, yaitu :

a)Niat
Sebelum mengawali suatu aktifitas, kita harus memiliki niat yang baik. Niat itu dari dalam hati, bukan hanya di mulut saja. Niat yang tulus akan memberikan dorongan semangat yang besar.

b)Menumbuhkan Rasa Senang Terhadap Pelajaran Yang Akan Dipelajari
Apabila kita memiliki rasa senang kepada pelajaran tertentu, kita akan semangat untuk mempelajarinya bukan? Oleh karena itu, kita harus menumbuhkan rasa suka dan senang terhadap pelajaran yang akan dipelajari agar kita bersemangat untuk mempelajarinya.

c)Menumbuhkan Rasa Senang Terhadap Guru
Setiap guru memiliki metode dan cara yang berbeda dalam mengajar. Kita harus menerima perbedaan tersebut dan mencoba untuk menyukai guru itu. Karena jika kita memiliki rasa senang terhadap guru itu, maka kita juga menyukai pelajaran itu.

d)Badan Harus Sehat
Kita harus pandai-pandai menjaga kesehatan badan, yaitu dengan cara makan dan olahraga teratur. Pelajaran akan mudah dipahami apabila tubuh kita dalam keadaan sehat.

e)Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Bahwa Kita Bisa Melakukannya
Percaya diri perlu dikembangkan dalam diri seorang individu. Rasa percaya diri membantu kita menjadi orang yang berani dan optimis dalam segala hal. Berbeda dengan orang yang mempunyai rasa minder, orang itu selalu berpikiran pesimis sehingga ia akan selalu berpikiran negatif dan takut akan kegagalan.

f)Kemauan Yang Kuat
Apabila kita memiliki kemauan yang kuat, kita akan mudah menguasai pelajaran itu. Namun, kemauan yang kuat itu akan sia-sia saja jika kita tidak pernah belajar. Jadi, kemauan itu harus direalisasikan dalam bentuk tindakan yang nyata.

g)Perhatian
Kita harus menaruh perhatian pada pelajaran itu. Caranya dengan membacanya berulang-ulang. Karena dengan membaca berulang-ulang kita akan mudah untuk mengingatnya.

h)Konsentrasi
Kadangkala kita melakukan 2 kegiatan dalam satu waktu, misalnya : pada saat pelajaran matematika, kita mengerjakan pr bahasa indonesia dan 2 kegiatan itu dilakukan sekaligus. Maka, pelajaran matematika tidak akan masuk ke otak kita. Oleh karena itu, sebaiknya kita berkonsentrasi hanya pada satu pelajaran saja. Karena dengan berkonsentrasi penuh, pelajaran yang dipelajari akan mudah masuk ke otak kita.

i)Apersepsi

j)Catatan
Apabila guru menerangkan, kita jangan hanya mendengarkan saja. Catatlah materi yang telah diajarkan oleh guru, mungkin saja keesokan harinya kita akan lupa dengan materi yang telah diajarkan. Jika perlu, buatlah catatan yang semenarik mungkin agar tidak akan bosa untuk membacanya.

k)Bertanya
Janganlah malu bertanya apabila ada materi atau pelajaran yang belum dimengerti. Kita jangan hanya pasif mendengarkan penjelasan materi dari guru, tapi kita juga harus berani menanyakan hal-hal yang mengganjal di pikiran kita.

date Jumat, 29 April 2011

0 komentar to “STRATEGI BELAJAR”

Leave a Reply:

Pages

About me

Diberdayakan oleh Blogger.

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Archive

Configure your calendar archive widget - Edit archive widget - Flat List - Newest first - Choose any Month/Year Format