Budaya merupakan aset terbesar yang dimiliki oleh suatu bangsa. Untuk itu,kebudayaan perlu dilestarikan dan dijaga agar tidak punah dan tidak dilupakan. Selain itu,kebudayaan suatu negara juga menjadi ciri khas dari bangsa tersebut.

Negara Indonesia adalah negara kesatuan yang terdiri dari berbagai pulau dan suku yang berbeda-beda. Pulau-pulau dan suku-suku yang berbeda-beda tersebut,memiliki tradisi dan budaya yang berbeda-beda pula. Keanekaragaman warisan budaya sangatlah penting untuk kita lestarikan keberadaannya. Warisan budaya tersebut bisa berupa tarian,musik,lagu,dan salah satunya adalah BATIK.

Batik adalah gambar atau hiasan pada kain yang pengerjaannya melalui proses penutupan dengan bahan lilin atau malam yang kemudian dicelup atau diberi warna. Alat yang digunakan membatik dinamakan CANTING. Sedangkan orang yang menggambar,menghias,melukis,atau menulis di atas mori memakai canting dinamakan membatik (bahasa jawa: mbatik).

Pada awalnya,kita memerlukan canting untuk membuat batik,sehingga proses ini disebut dengan batik tulis. Untuk membuat batik tulis,diperlukan ketelatenan dan kesabaran. Karena untuk membuat batik tulis ini diperlukan beberapa proses untuk menghasilkan batik tulis yang bermutu tinggi.

Dalam perkembangan selanjutnya dipergunakan alat-alat lain yang lebih baik untuk mempercepat proses pengerjaan,misalnya dengan cap. Kerja men-cap inipun menghasilkan motif seperti batik,tetapi bukan batik lagi. Sehingga hasilnya diberi nama "kain motif batik".

Oleh karena itu,sebagai generasi penerus bangsa harusnya kita bangga. Karena tanpa disadari,negara kita kaya akan warisan budaya. Kita harus melestarikan dan menjaga budaya kita sendiri,karena budaya daerah merupakan ciri khas dari suatu bangsa.

date Jumat, 03 September 2010

0 komentar to “Budaya Indonesia”

Leave a Reply:

Pages

About me

Diberdayakan oleh Blogger.

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Archive

Configure your calendar archive widget - Edit archive widget - Flat List - Newest first - Choose any Month/Year Format