Pendidikan sangat diperlukan untuk meningkatkan kualitas sumber daya menusia. Sumber daya manusia yang berkualitas sangat diperlukan dalam pembangunan. Pada tahun 2000,Indonesia menduduki peringkat ke-17 menurut Human Development Index (HDI). HDI atau Indeks Pembangunan Manusia (IPM) merupakan satuan yang dikembangkan United Nations Development Program (UNDP) guna mengukur kesuksesan suatu negara. HDI adalah angka yang diolah berdasarkan 3 hal,yaitu panjang usia (longevity),pengetahuan (knowledge),dan standar hidup(standard of living) suatu negara.



Kemajuan pendidikan di Indonesia dapat dilihat dari lama sekolah dan tingkat melewk huruf. Berdasarkan data Presentase Tingkat Pendidikan Penduduk Indonesia tahun 1971-2001,lebih dari setengah penduduk Indonesia hanya dapat menikmati tingkat pendidikan dasar. Dan penduduk Indonesia yang buta huruf di daerah pedesaan jauh lebih besar dibandingkan penduduk di daerah perkotaan.

Untuk itu,pemerintah perlu melakukan berbagai upaya dalam bidang pendidikan,misalnya melaksanakan program wajib belajar 9 tahun,menyediakan berbagai macam beasiswa,melakukan pertukaran pelajar berprestasi,peningkatan mutu guru,pengadaan balai latihan kerja,dan menambah jumlah sekolah untuk berbagai jenjang sekolah.

Namun,bertentangan dengan hal tersebut,tidak sedikit pula putra-putri Indonesia telah mengharumkan nama bangsa Indonesia di mata Internasional.

date Jumat, 03 September 2010

1 komentar to “PENDIDIKAN INDONESIA”

  1. Konsultan Pemetaan Tanah Global Eksplorasi Indonesia
    22 November 2010 pukul 01.43

    olah ini to blognya mbak yusnia....!!!

Leave a Reply:

Pages

About me

Diberdayakan oleh Blogger.

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Archive

Configure your calendar archive widget - Edit archive widget - Flat List - Newest first - Choose any Month/Year Format