Lubang di lapisan Ozon yang terdapat di lapisan Strarosfer di atas Kutub Utara (Artik) kini kian melebar. Kabar terakhir mengatakan lubang itu sudah segede benua Australia. Gawatnya lagi, lapisan Ozon di atas Kutub Selatan (Antartika) juga sudah mulai bolong, bahkan terlihat lebih parah. Lubang itu disebabkan karena intervensi CFC (Chlorofluorocarbon), zat kimia beracun yang antara lain digunakan pada Ac, dan hairspray.


Lubang paisan ozon cepat membesar hanya dalamjangka waktu 29 tahun sejak diketahui kebocorannya pada tahun 1980. Itu karena 1 molekul CFC bisa merusak 100.000 molekul lpisan Ozon. Padahal lapisan Ozon berfungdi sebagai Filter masuknya sinar Ultra Violet dari Matahari. Gara-gara lubanh lapisan Ozon yang melebar itulah sinar Ultra Violet dengan mudah menembus ke Bumi. Dampaknya terhadap kesehatan manusia besar.

Banyak manusia yang terserang kanker kulit, paru-paru dan sakit katarak pada usia muda. Para ahli memperkirakan kalau lapisan Ozon dibiarkan maka tahun 2025 nanti 100 juta penduduk dunia bakal terserang kanker kulit dan paru-paru.

Sampai saat ini penggunaan CFC diberbagai Negara sudah sangat dikurangi.freon untuk mendinginkan AC tidak lagi menggunakan CFC, tapi pendingin yang ramah atau menghilangkan sama sekali penggunaan CFC, maka lapisan Ozon yang berlubang itu akan kembali pulih paling tidak di than 2050 nanti. (berbagai sumber)

date Kamis, 23 Desember 2010

0 komentar to “Lubang Lapisan Ozon makin melebar”

Leave a Reply:

Pages

About me

Diberdayakan oleh Blogger.

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Archive

Configure your calendar archive widget - Edit archive widget - Flat List - Newest first - Choose any Month/Year Format